Home » » Jenis Makanan Yang Baik Untuk Penderita Radang Usus

Jenis Makanan Yang Baik Untuk Penderita Radang Usus

Bagi penderita penyakit radang usus diet dan pantang mesti dilakukan karena penyakit ini sangat peka terhadap makanan yang menjadi menu kita sehari-hari. Karena itu kadang penderita radang maupun infeksi pada usus bertanya-tanya jenis makanan yang seperti apa yang bisa mereka santap, banyak pantangan saat mau makan ini tidak boleh makan itu juga tidak boleh jadi harus makan apa? itulah sedikit keluh kesah orang yang mengalami sakit ini yang sering kita dengar. Kali ini kami akan ulas mengenai jenis makanan yang baik untuk pederita radang usus.

Jenis Makanan Yang Baik Untuk Penderita Radang Usus

Sebelum menentukan makanan apa yang aman untuk di santap, terlebih dahulu identifikasikanlah masalah radang usus yang sedang dialami, apakah jenis radang yang dialami ini bikin susah buang air besar atau malah diare yang tak kunjung berhenti. Perhatikanlah bahwa pada intinya jenis makanan yang akan di santap tidak memberatkan kerja usus yang sedang terserang infeksi terutama bila terus menerus diare atau mengandung serat yang baik untuk memperlancar pencernaan terutama bila susah buang air besar. Tentukanlah masalahnya dengan baik.

Selanjutnya mari kita lihat dengan seksama makanan-makan apa saja yang boleh dan yang dilarang bagi penderita radang pencernaan dan infeksi usus ini:
  1. Jenis makanan yang rendah serat, seperti buah pisang.
  2. Jenis makanan yang rendah lemak, seperti ikan gabus yang direbus / kukus dan sedapat mungkin hindari santan dan produk olahannya juga bijian dan jenis kacang-kacangan.
  3. Jenis makanan yang tidak mengandung susu dan produk susu.
  4. Jenis makana yang mengandung probiotik alami seperti yogut
  5. Hindari Jenis makanan yang pedas, asam dan berminyak atau gorengan.
  6. Hindari Kafein dan alkohol, karena makanan dan minuman yang mengandung kafein dan alkohol dapat memperburuk diare dan radang.
  7. Hindari porsi makan yang besar, bagi penderia radang usus lebih baik makanlah sedikit-sedikit tapi sering.
  8. Hindari makanan yang di awetkan, karena usus memerlukan tenaga ekstra untuk mencernanya.

Dari semuanya jenis makanan dan minuman itu janganlah lupakan yang satu ini yaitu perbanyaklah minum air putih, usahakan jangan kurang 2 sd 2,5 liter perhari hal ini penting untuk meningkatkan kesehatan usus anda sekaligus menjaga metabolisme tubuh tetap terjaga. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar